Minggu, 06 Januari 2013


PERMAINAN TRADISIONAL YANG TERLUPAKAN

Pada zaman sekarang anak-anak lebih sering bermain dengan “gadget” dibandingkan bermain dengan teman sebaya. Oleh karena itu anak-anak zaman sekarang menjadi lebih cepat dewasa sehingga banyak permainan tradisional yang mereka tidak tahu atau belum pernah mereka mainkan.
Salah satu permainan  tradisional yang sekarang jarang dimainkan oleh anak-anak adalah SUSUMPATAN atau Petak Umpet. Permainan ini dilakukan anak-anak berusia 5 sampai 12 tahun, diikuti oleh 4 sampai 10 orang. Salah satu diantara mereka ada yang menjadi kucing (yaitu menutup mata di tembok atau dipohon) dan yang lainnya bersembunyi,, yang menjadi kucing harus mencari teman-temannya yang sedang bersembunyi. Permainan ini dapat melatih panca indera, melatih keterampilan, dan kecepatan bergerak. Selain itu dapat juga melatih rasa setia kawan dan saling tolong menolong.
Selain permainan susumpatan / petak umpet masih banyak lagi permainan tradisional lainnya, yaitu : congklak, getok lele, oray-orayan, dan lain-lain. Seharusnya anak-anak zaman sekarang harus memainkan permainan tradisional selain agar tidak cepat dewasa sebelum waktunya, anak-anak dapat mempunyai rasa setia kawan terhadap sesame anak seumurannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar